Senin, 11 Juni 2012


Beberapa Contoh Pemanfaatan Edmodo di Sekolah
1.  Dengan edmodo sekolah ( Kepala sekolah, Tata Usaha,Guru, dan murid ) dan Wali  Murid ( Orang Tua ) dapat
mengurangi penggunaan kertas. :
Kepala sekolah dapat memanfaatkan edmodo untuk memberikan informasi berupa pengumuman, Kebijakan – kebijakan, atau info – info yang berupa file dokumen atau rekaman video kegiatan yang semua hal tersebut tidak perlu lagi disebarluaskan ke guru atau murid dengan photo copy yang banyak menggunakan kertas  tapi cukup mencetak satu master dokumen sebagai arsip, melalui edmodo guru dan siswa dapat mendowload atau melihat dokumen tersebut.   
Guru dapat memanfaatkan edmodo untuk memberikan tugas dengan petunjuknya tanpa menggunakan kertas tapi cukup menyampaikannya lewat posting di edmodo. Guru juga dapat mengurangi penggunaan kertas dalam membuat soal ujian karena ujian bisa dilakukan secara online dengan menggunakan fasilitas Quiz di edmodo, guru hanya cukup membuat satu master soal ujian sebagai bukti fisik tanpa perlu mengcopy banyak soal yang menggunakan kertas yang pada akhirnya sering kali dibuang.  
Tata Usaha ( Bendahara, Kepala TU, Staf Tata Usaha ) dapat menyampaikan informasi informasi seperti kalender pendidikan, kegiatan sekolah, pemberitahuan – pemberitahuan tanpa harus mencetak (mengcopy) banyak kertas tapi cukup satu saja sebagai arsip. Karena semua hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan edmodo.
Siswa dapat menyerahkan tugas baik itu berupa makalah, laporan penelitian atau pengamatan, hasil diskusi kelompok, rekaman video penelitian lapangan, dan lain sebagainya melalui edmodo sehingga tidak menghabiskan banyak kertas yang pada dasarnya penggunaan kertas yang berlebih menyebabkan berkurangnya pohon karena kertas sendiri pada dasarnya dibuat dari pohon.
Wali Murid dengan memanfaatkan edmodo wali murid dapat menerima laporan perkembangan anaknya tanpa harus melihat dalam cetakan kertas dan wali murid dapat melakukan komunikasi dengan sekolah tanpa harus menulis surat di sebuah kertas tapi cukup menggunakan posting di edmodo.
Edmodo juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan - kegiatan sebagai berikut :
1.    Melakukan tanya jawab / bimbingan baik secara personal antara guru dengan seorang murid atau dengan kelompok murid.
2.    Melakukan diskusi kelompok.
3.    Membuat daftar kegiatan dengan memanfaatkan fasilitas kalender di edmodo.
4.    Kerjasama kelompok dengan memanfaatkan fasilitas google doc di edmodo. 
5.    Sebagai alat komunikasi atau sebagai cara mengejar ketinggalan pelajaran bagi murid yang sedang sakit, murid yang sakit atau izin yang tidak dapat hadir dikelas dapat mengejar ketinggalan materi dan menyelesikan tugas tugas yang tertinggal.
6.    Menjalin silaturahim dengan sesama murid ( dengan join ke group pelajar internasional ) sesama guru dan sesama sekolah di seluruh negara.
7.    Mengingatkan siswa akan kewajiban dan tugas tugasnya.
8.    Melakukan penelitian.
9.    Menghilangkan alasan tidak masuk sekolah lalu tertinggal pelajaran karena dengan edmodo siswa yang sakit atau izin tetap bisa mengikuti materi pelajaran dan tugas tugas sekolah.
10.  Mengupload rekaman video atau oudio yang berhubungan dengan  pelajaran
11.  Mengupload gambar yang berhubungan dengan pelajaran.
12.  Menyimpan file – file dengan memanfaatkan fasilitas library untuk guru atau bagpack untuk siswa sehingga tidak perlu khawatir kehilangan documen.
13.  Membagi link situs – situs yang baik untuk pengetahuan.
14.  Sebagai pengganti / pilihan kedua kegiatan study tour, dengan menggunakan edmodo guru dapat memberikan link situs yang berhubungan dengan pengetahuan terhadap tempat atau sejarah sebuah tempat.
15.  Mengurangi penggunaan kertas di sekolah.
16.  Guru dapat bergabung di komunitas sesuai dengan pelajaran yang dia ajar.
17.  Dengan edmodo kita dapat melihat catatan sejarah aktifitas kegiatan belajar mengajar kita dengan rapi
18.  Guru yang sedang tidak dapat berada di kelas tetap dapat mengajar melalui edmodo.
Masih banyak hal yang dapat dilakukan dengan edmodo hanya kreatifitas anda yang membatasinya !!!!!!!!!
Tips :
-       SELALU MEMBUKA EDMODO MINIMAL 3 KALI DALAM SEMINGGU
-       JADIKAN EDMODO SEBAGAI HOMEPAGE DI BROWSER ANDA
-       MAKSIMALKAN PENGGUNAAN LAPTOP DAN INTERNET ANDA JANGAN HANYA SEBATAS UNTUK MENGETIK SAJA !!!!!!!!